Rabu, 28 Desember 2011

BikePacker to Ujungkulon Part I

Day 1 Trip

Hore akhirnya popo menulis blog lagi, kali ini saya akan bercerita tentang touringbike ok lets to the point,,
Perjalanan kali ini hasil diskusi yang alot antara popo dengan Syarif karena semula direncanakan ke lampung tetapi karena satu dan lain hal (*mesujimurder&badweather) kami mengganti tujuan ke ujung kulon, dengan tema  wolf bikepacker (baca : ngirit duit). pesertanya yaitu : saya sendiri, Syarif, Adit Pranata dan Sena (notulen) lol..
based from sena  http://kasena.tumblr.com/post/14854954678/touring-ke-ujung-kulon saya kembangan menjadi karangan indah.
1st Day ( Saturday 24Des2011  )
sepulang kopdar mereka berkumpul dirumah popo untuk beristirahat, melakukan persiapan motor dan briefing.
2:00 pagi kami meluncur dengan kecepatan sedang, walau pun jalanan kosong karena perjalanan subuh memerlukan adaptasi tubuh dengan cuaca yang dingin, dengan formasi berurutan dari RC-Sweeper : Popo-Aditya-Sena-Syarif.
2:37 melakukan pengisian BBM di SPBU Cimahi stlh jembatan, itu menjadi titik 0 perjalanan kami kali ini.
3:57 hampir 2 jam perjalanan kita berhenti disebuah masjid menjelang sukabumi tepatnya masjid dhorifah. melakukan peregangan otot dan ke toilet, tidak sampai 5 menit kami melanjutkan perjalanan kembali.
5:11 beristirahat disebuah masjid di perkampungan tepatnya daerah cijame, untuk sholat dan sarapan. alhamdulillah lancar tidak mendapatkan trouble yang berarti, hanya saja ketika mobil dinas polisi (grandvitara) menyusul dengan kecepatan tinggi sehingga membuat rombongan kaget + kesal. sekirat 45menit berlalu kami lanjutkan lagi perjalanan.
7:53 Kami melakukan peregangan otot kembali kali ini diiringi dengan pembelian cemilan dan minum2an segar di alfamart gunungbatu untuk melepas dahaga. tidak lama berselang datanglah rombongan (*macan) Tigeris from Jakarta yang kebetulan mereka berhenti di tempat kami beristirahat, kami bercengkrama hampir 30 menit berlalu tak terasa, mereka memutuskan untuk bergabung dengan kami kerena tujuan kita sama-sama menuju sawarna.
FAT BOY & PRA BDG
pemandangan indah karya maha pencipta (@Tanjakan Habibie )

9:25 Here we come sawarna Beach ahhh tidak bosannya saya kemari, banyak hal menarik yang disuguhkan oleh pantai ini, mulai dari memasuki gate jembatan gantung yang masih tradisional, perkampungan warga yang dijadikan homestay, perjalanan menerobos padang rumput untuk menuju tanjung layar, dan pasir putih yang masih bersih. konon menurut warga sekitar perawatan tempat wisata ini dilakukan swadaya oleh masyarakat sekitar tanpa campur tangan pemerintah, dan ada seorang bule from Aussie dan istrinya yang bernama farah yang menjadi donatur tetap itu hanya karena semata2 mereka sangan mencintai sawarna (saya banyak tau tentang sawarna tapii.. lets talk letter :D ) ok kami 4 rombongan serigala hanya transit sebentar untuk menikmati pemandangan tanjung layar dan beristirahat sampai pukul 11 lalu berpamitan dengan rombongan macan (*salam toet toet bro enjoy nusantara ride :D)

Jembatan Gantung ( Desa sawarna - Tanjunglayar )

Wolf and Tigers

Tanjung Layar

Tanjung layar from up above, see spot in the center.
12:02 kami sampai dirumah tinggal neneknya kec.bayah Adit dan mendapatkan jamuan yang ramah dari mereka, kami lama beristirahat disana, dari mulai makan peteuy (*cuma si sarip yang makan peteuy), mandi dan tidur siang. yang direncanakan jam 3 kami akan melanjutkan trip ke daerah malingping tapi aktualnya perjalanan dilakukan pukul 5 sore haha maaf ya teman saya ngantuk sekali,, oke fine lets roll, kami berpamitan dan dibekali nasi timbel untuk perjalanan kami, terima kasih nek :D kami pun berangkat dengan full raincoat karena hujan besar mengguyur bayah pada saat itu.
18:47 matahari sudah terbenam, perjalanan ini menjadi sangat berat kami memutuskan untuk membuat tenda dipinggir pantai, dibelakang warung yang tidak berpenghuni, dengan pengalaman yang minim kami berhasil membuat formasi dan mendirikan tenda *taraaa.. alhamdilillah trip hari ini kami akhiri di daerah pasput sebelum malingping. tidak lupa meminta izin kepada penghuni warung sebelah untuk bermalam yang kebetulan penduduk asli pasput, bapak yang tidak saya ketahui namanya sangat baik kepada rombongan, kami benar2 berasa terlindungi karena beliau meyakinkan ditempatnya aman. :D
sekian trip kali ini tidak terasa 247,4 km telah kami tempuh dan lucunya tidak turun 1 strip pun bensin pada indikator tanki waw,, believe me,, this bike so great.. mantap..

Berkemah di pesisir pantai pasput (sebelum malingping)
Ready to continue the trip :D