Kamis, 09 Februari 2012

POPO dan PESPA (read : Vespa)

Hi bro & sist mari kita bercerita sedikit tentang kendaraan saya yang satu ini :D
check this out ..

Vespa Special 73
whohoo.. let's called sikujo, ya sikujo "si kukut ijo" salah satu keluarga Vespa jenis Small Frame ini memiliki cc yang lebih kecil dari Vespa yang lainnya yaitu 90cc. di dalam silsilah Small Frame ada beberapa jenis cc dari mulai 50cc, 90cc, 100cc (pts) dan 125cc.
yang paling jarang kita jumpai yaitu spec yang 50 cc dan 125 cc wah mungkin cuma mbah mbah yang punya  ni barang :p ok kita lihat spec nya.

S p e c s: V9A1T

1963 - 1984
engine: single cylinder, air cooled 2-stroke
induction: disc valve
bore: 47 mm
stroke: 51 mm
cubic capacity: 88.5 cc
compression ration: 7.2: 1
bhp at rpm: 3.1 @ 5200
transmission: 3 speed constant mesh
primary drive: 22/63
1st gear: 17.18: 1
2nd gear: 9.66: 1
3rd gear: 6.12: 1
clutch: wet - multiplate
lubrication:2%
carburetor: Dell'Orto SHB 16/16
main jet: 63
slow running jet: 38
starter jet: 50
ignition: contact breaker & coil
ignition timing: 19 deg. BTDC
breaker gap: 0.3 - 0.5 mm
voltage: 6 volt
max stator output: 6v - 30w
wheels:10"
wheel hubs: pressed steel
tires: 3.00 x 10
Vespa Special Made In ITALY 

see dengan 3 speed yang tersedia motor ini pas sekali untuk pemakaian dalam kota ditambah dengan bobot yang sangat ringan tidak kalah dengan motor matik sekarang, tapi jangan harap untuk balap ya nikmati saja kecepatan max 60km/jam :D

Flashback yuk dulu waktu jaman sekolah sma saya 3 tahun pakai vespa, super 79 classic blue mettalic and chrome, lalu Exclusive 2 (PX150) 97.and so much fun naik vespa,, beneran dah..  

ok deh sekian perkenalan sikujo nanti ride report menunggangi sikujo akan saya bahas di edisi selanjutnya :D salam scooternese *scootersundanese

(*sumber : http://www.scooterhelp.com/scooters/V9A1T.90.html )

7 komentar:

  1. pengen di bonceng vespa lagi:))

    BalasHapus
  2. Love Vespa so much...

    Dari belajar naik motor vespa pakai punya bapak, langsung nyemplak Exclusive 2 150cc. Mesin bandel, jarang ngambek, tinggal isi bensin dan rutin ganti oli, nih motor bisa seumuran dengan kita. Bahkan banyak pemilik vespa yang sudah mati, namun vespanya masih tetap bisa jalan dan dipakai oleh generasi selanjutnya ^_^

    Bersahaja dan memang lebih baik naik vespa

    BalasHapus
  3. Betul sekali yang bro adam katakan, vespa memang everlasting.
    karena bentuknya yang klasik dan perawatan yang mudah, thats why vespa is better..

    semoga saja untuk penerus yang dilahirkan di vietnam tetap menjaga nama italy haha,,

    Thanks bro m.w.adam sudah berkunjung,,

    BalasHapus
  4. what?? nama'y sukijo?? baru ngeuh, tp sukijo nama kakek aku gun. -_-"

    BalasHapus